Blacy Smiley - Silly

Jumat, 17 Agustus 2012

Kampung Ilmu di Kota Surabaya


Kalau lagi pengen melakukan hal iseng, aku paling suka melakukan hal iseng ke Kampung ilmu di Kota Surabaya. Dalam artian adalah hunting buku-buku murah yang dalam kondisi second tapi masih berkualitas bagus, dengan  harga yang masih ramah di kantong. Apalagi kawasan kampung ilmu sudah di kelola dengan baik oleh pemerintah kota . sehingga kawasan kampung ilmu jadi lebih nyaman karena “dekor”nya yang asri banget. Sehingga membuat kegiatan hunting buku-buku second terasa lebih menyenangkan.
            Bagi kalian yang gemar banget membaca tidak ada salahnya kok mencoba hunting buku disini, di jamin kalian akan ketagihan saking murahnya buku yang di tawarkan oleh pedagang di sini. Karena kisaran harga di tawarin murah buanget. Novel misalnya, mulai dari harga 5rb hingga 50rb. Majalah dari 2rb-10rb, buku pelajaran mulai belasan ribu. Gimana? Murah kan jika di bandingkan dengan toko buku ternama. Hehee
            Tapi semua harga yang di tawarkan masih di tawar kok, tergantung kondisi dari buku yang kita incar. Jika kondisinya masih bagus 90% kita biasanya tidak bisa nawarnya terlalu rendah. Begitu juga sebaliknya.
            Nah waktu aku ke kampung ilmu,  hari itu aku beruntung banget karena dengan duit 50rb saja udah bisa membawa pulang novel Negeri 5 Menara, Kening ( novel yang di tulis oleh fitri tropica), serial Lupus, honeymoon with my brother dan majalah Cosmopolitan men. Total ada lima item yang bisa aku bawak pulang, kondisi bukunya pun masih 80% bagus. Kalau beli di toko buku terkenalan mah duit 50rb tidak bakalan cukup. Hehee.











            Ada sedikit tips nih buat kalian yang ingin hunting buku-buku second di sini:
1.   Bawaklah duit pecahan dengan nominal kecil, jangan membawa duit dengan nominal yang besar, karena kalian bisa menawar apabila ada duit pas. Misalnya, pas kalian mau membeli majalah seharga dua ribu, tetapi kamu ngasih duit seratus ribu, dijamin transaksi jual beli akan batal. Karena penjual terkadang tidak punya duit kembalian atau tidak mau nukar duit kalian tersebut. Sayang banget kan gara-gar gak punya duit pas, item yang kita incar gak jadi kebeli ?
2.      Datanglah di pagi hari atau sore hari, apabila kalian membeli di pagi hari biasanya harga buku yang kalian beli bakalan di jadikan penglaris. Kalau beli di sore hari, pedagang kebanyakan akan tutup dan kalian akan mendapatkan harga murah. Kampung ilmu buka mulai jam delapan pagi hingga jam lima sore.
3.      Jangan menunjukkan sikap bahwa kalian sangat membutuhkan item yang ingin di beli, karena jika kalian menunjukkan sikap tersebut, di jamin kalian tidak bisa menawar dengan harga murah. Karena si pedagang mengganggap bahwa kalian amat membutuhkan item tersebut. Kalau mau membeli disini, nyantai saja. Masih banyak kok pedagang di sini, jika tidak dapat harga murah di pedagang A, ya kita pindah aja ke pedagang B. biasanya koleksi item mereka hampir 50 % sama.
4.     Alangkah baiknya jika kalian membeli dengan dengan jumlah yang banyak, di jamin bakalan di kasih lebih murah, karena kalian membeli lebih dari satu.
5.   Hindari hunting di sini apabila mendekati waktu ajaran baru masuk sekolah, karena harga yang akan di tawarkan pedagang biasanya naik 50 kali lipat. Misalnya yang hari biasa cuma sepuluh ribu menjadi lima belas ribu.
6.   Jangan pernah takut minta ‘garansi’ ke pedagang. Ingat ! buku yang akan kalian beli adalah buku second alias buku bekas, yang kondisinya tidak seratus persen bagus. Jika pas udah nyampe rumah ternyata ada halaman yang hilang, kalian bisa minta ganti dengan buku yang sama atau tukar tambah dengan buku yang lain. Tetapi jangan minta kembali duit loh.
7.    Jangan keburu senang dulu apabila mendapatkan novel yang ‘box office’ dengan harga yang sangat murah, cek dulu novelnya, bisa jadi novel yang kamu pegang tersebut adalah novel bajakan alias novel yang kertasnya hasil fotocopy. Karena cenderung, novel-novel yang penulisnya sudah terkanal, terkadang novelnya banyak yang di bajak. Gak mau kan kalau novel yang kita beli ternyata novel bajakan dengan kualitas yang jelek.
8.  Jika kalian udah mulai sering hunting di sini, tidak ada salahnya membuat relasi dengan pedagang, alias menjadikan kalian pelanggan di pedagang tersbut. Dijamin kalian akan mendapatkan harga murah tanpa adanya proses tawar menawar, karena kalian sudah di anggap sebagai pelanggan tetapnya.


Selamat berburu buku di Kampung Ilmu Surabaya :D



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar